Friday, February 25, 2011

Membuat Warna Berbeda Pada Text Selection (Bagian Teks yang di-Blok)

text selection color
Sobat, today we will talk about making different color of  text selection. Text selection adalah bagian yang kita blok dengan menggunakan klik kiri mouse dan menariknya hingga pada bagian teks tertentu yang kita pilih atau semuanya. Secara default semua browser menggunakan warna biru pada background dan warna putih pada teks. Untuk mengetahuinya silakan sobat pilih bagian tulisan apa pun pada posting ini (seperti ketika mau co-pas tulisan, tapi jangan suka co-pas tanpa ijin loh ya :P) dan lihatlah perbedaannya. Saya menggunakan warna merah sebagai background dan putih pada tulisan yang di-blok oleh mouse selection.

Untuk meng-hack browser dan melakukan override fungsi tersebut pada blog/website saat ini sangatlah memungkinkan. Kehadiran CSS3 telah banyak memberikan perkembangan dan perubahan pada dunia desain web. Untuk membuat hasil seperti di atas, digunakan selector ::selection. Tipe ini didukung oleh semua browser kecuali Internet Explorer. Untuk Mozilla Firefox perlu ditambahkan -moz- sebagai notifikasi agar dikenali oleh browser tersebut:
selection::{color:#ff0000;}
::-moz-selection{color:#ff0000;}
untuk memberikan pre-selection (pre selection adalah warna setelah anda memblok suatu bagian text, kemudian anda klik/pindah ke bagian lain di komputer anda di luar browser. Misalnya setelah memblok bagian text pada posting ini, silahkan klik area kosong di toolbar komputer anda):
pre::selection {color:#f5f5f5;}
pre::-moz-selection {color:#f5f5f5;}
Untuk menambah background text, tambahkan descriptor background, misalnya:
selection::{background:#000000;color:ff0000}
So, untuk membuatnya secara lengkap dan melakukan generalisasi, masukkan script berikut ini sebelum/di atas </head> (use Ctrl+F) di editor HTML anda:
<style type='text/css'>
::selection {background:#cc0000;color:#ffffff;}
::-moz-selection{background:#cc0000;color:#ffffff;}
code::selection {background: #333333;color:#ffffff;}
code::-moz-selection {background: #333333;color:#ffffff;}
pre::selection {background: #44ceff;color:#ffffff;}
pre::-moz-selection {background: #44ceff;color:#ffffff;}
</style>
Ganti kode warna background dan color sesuai dengan selera anda. Lihat kode-kode warna di Hex Color Code Chart Generator. Gunakan mix warna yang proporsional dan kontrastif pada ::selection dan ::-moz-selection. Kemudian simpan dan coba hasilnya.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Apakah Social Media Menjadi Ancaman Dunia Blog??

Wacana ini muncul setelah rating social media seperti Facebook dan Twitter terdongkrak hingga ratusan persen di tahun 2010. Sedangkan media ekspresi online lainnya yaitu blog dikatakan terancam oleh keberadaan social media berjenis networking ini.

Bisakah dibayangkan anda membaca update informasi online apapun hanya melalui social media seperti Facebook dan Twitter? Tentu saja akan menjadi hal yang konyol apabila ada pernyataan demikian. Segala bentuk update informasi dan kebutuhan yang spesifik tidak bisa kita dapatkan melalui jaringan social media.Wacana ini santer setelah Verne G. Kopytoff, dari New York Times membuat statemen yang bernada sinis,
"Blog dulunya outlet pilihan bagi orang yang ingin mengekspresikan diri mereka secara online. Tetapi dengan munculnya situs seperti Facebook dan Twitter, blog kehilangan daya tariknya bagi banyak orang - khususnya generasi muda." Tulis Kopytoff.
Melihat statemen itu, sepertinya kita dapat menduga bahwa ada banyak hal yang tidak diucapkan secara realistis. Jika memang banyak yang mengalihkan media ekspresi blogging ke social media, mengapa justru  pada medio 2010 jumlah blogger di dunia ini bertambah hingga berkali-kali lipat?

Pihak WordPress telah membuktikan beberapa hal tentang perkembangan dunia blog, baik dari jumlah subscriber, jumlah pageview, maupun antusiasme masyarakat untuk blogging. Pendiri  dan pengembang WordPress, Matt Mullenweg menanggapi statemen tersebut dengan hasil statistiknya:
"Statistik menunjukkan bahwa semua layanan blogging  tumbuh pesat - bahkan unique visitor Blogger.com naik sekitar 9 persen menjadi 323 juta, yang berarti, pada tahun lalu saja telah meningkat hingga 6 kali lipat! (Pada waktu yang bersamaan, menurut Quantcast, unique visitor WordPress.com meningkat hingga 80.juta unique visitor)."
Kenyataannya pula, pada tahun 2010 telah terdaftar sekitar 6 juta akun baru di Wordpress.

Memang, wacana ini tetap akan menimbulkan sikap kritis bagi dunia blog karena social media saat ini juga mulai lazim disebut sebagai "microblogging", dimana para pemilik akun mulai share berbagai hal yang hampir sama dengan blog. Namun bukan berarti  hal ini sama persis mengingat ada perbedaan esensial yang sangat jelas. Blogging adalah suatu aktivitas yang sangat berbeda dengan social media, dimana blog memberikan "kuasa penuh" bagi pemiliknya untuk mengatur dan mengutak-atik sedemikian rupa apa yang akan ditulis dan termasuk tampilan blog itu sendiri (design).

Alih-alih, social media justru menjadi sarana pendukung bagi dunia blog untuk mendongkrak kebutuhan popularitas serta arus traffic pengunjung. Hal ini tentu tak dapat disanggah lagi. Keduanya berjalan berdampingan dan saling mendukung. Sama-sama memberikan amunisi bagi pemilik blog serta pengunjung blog. Blog adalah ladang konten dan artikel. Sedangkan social media adalah sarana komunikasi pemilik dan pembaca blog yang dapat membantu memberi bentuk interaksi dan komunikasi yang lebih memungkinkan.
Jelas, secara konseptual keduanya memiliki fungsi serta peranan yang berbeda dan tak bisa saling menggantikan.

Sebagai pengalaman pribadi, social media seperti Facebook dan Twitter merupakan sarana publikasi yang cukup efektif, bahkan lebih efektif dari situs-situs direktori. Tercatat 15-20% pengunjung datang dari social media itu. Persentse sebesar itu tentu saja tidak bisa diremehkan. Apalagi saat ini banyak fitur publikasi konten/artikel secara otomatis ke kedua social media tersebut..

Intinya, tidaklah terbukti bahwa minat dan keinginan untuk berekspresi melalui blog berkurang. Justru sebaliknya, stastistik telah jelas memberikan signal positif bagi perkembangan blogosphere.  Memang diakui media ekspresi praktis seperti Facebook dan Twitter telah memikat banyak user dengan perkembangannya yang pesat dua tahun terakhir ini. Namun, khususnya dari sisi saya pribadi, tidak ada pengaruh berarti yang membuat saya surut dalam melakukan aktivitas blogging.
Dan, bukankah sejak dulu blog itu sendiri sebenarnya adalah social media?

Bagaimana dengan anda, apakah aktivitas blogging anda berkurang karena lebih terfokus pada Facebook dan Twitter? Let me know. ^_^

source: 
NYtimes.com
WordPress.com
Blogger.com

Makan

Berbeda.... katanya. tapi menurutku sama. 'Makan', punya makna berjuta, walopun toh akhirnya kembali ke mulut dan perut juga. apabila kita tambahkan kata 'enak' di belakangnya dan menjadikannya frase 'makan enak', toh akhirnya sama saja ujung2nya. meskipun rasanya lebih enak dan lebih puas memakannya, toh ujung2nya tetap saja. yang membedakan cuma," aku makan untuk mendapatkan 'keenakan'," dan "aku makan untuk membuat diriku 'hidup' ". bagiku, semua makanan itu enak karena membuat diriku hidup. kalo ujungnya untuk kenyang dan hidup, makan ayam dan makan tahu itu sama saja. yang membedakan hanya di mulut. dan mulut itu merupakan sumber, sumber kebaikan dan juga kejahatan. selain itu mulut juga sumber nafsu dan angkara. dan apa yang disebut 'puas' itu....relatif, coy! puas di mulut, di perut, atau di hidup? makan enak bisa bikin puas di mulut, tapi belum tentu puas di perut, karena ternyata bisa-bisa memancing muncratnya asam lambung berlebihan sampai lambung luka, lecet, atau bahkan jebol, dan pastinya puas di hidup lebih tak teraih lagi. kalo hanya untuk menuruti mulut namun menghancurkan hidup, buat apa makan enak? toh seperti yang sudah-sudah, akhirnya akan menjadi limbah yang kurang lebih bentuknya, baunya, dan kualitasnya sama saja.

menyederhanakan dan mengharfiahkan makna kata 'makan' sepertinya amatlah penting, agar tidak ada penyalahgunaan kata itu.

Thursday, February 24, 2011

Yahoo! MyBloglog Segera Ditutup 24 Maret 2011! Ada Apakah?

mybloglog


Malam ini (24-02-11) saya dikejutkan dengan email yang dikirim secara official oleh Yahoo! MyBlogLog. Isi pokoknya adalah penutupan MyBlogLog secara resmi pada tanggal 24 Maret 2011. Ini isinya:
Dear MyBlogLog Customer,
You have been identified as a customer of Yahoo! MyBlogLog. We will officially discontinue Yahoo! MyBlogLog effective May 24, 2011. Your agreement with Yahoo!, to the extent that it applies to the Yahoo! MyBlogLog, will terminate on May 24, 2011.
After May 24, 2011 your credit card will no longer be charged for premium services on MyBlogLog. We will refund you the unused portion of your subscription, if any. The refund will appear as a credit via the billing method we have on file for you. To make sure that your billing information is correct and up to date, visit https://billing.yahoo.com.
Questions?
If you have questions about these changes, please visit the Yahoo! MyBlogLog help pages.
We thank you for being a customer on Yahoo! MyBlogLog.

Sincerely,

The Yahoo! My BlogLog Team

Benar-benar mengejutkan! Seperti yang kita tahu, MyBlogLog adalah direktori listing blog yang telah banyak membantu menghubungkan blog dan pembacanya dengan mudah. Pada tahun 2007 saja, pendapatannya adalah 10 juta dollar AS! MyBlogLog dibuat oleh Eric Marcoullier dan Todd Sampson pada tahun 2005. Yang paling terkenal dari MyBlogLog adalah widget interaksi sosial yang dapat dipasang di blog sehingga semua member yang tergabung dalam group-group di MyBlogLog dapat berinteraksi dan saling memantau aktivitas masing-masing. Terdapat pula link dari posting masing-masing member sehingga seluruh member dapat saling mengunjungi. Tentu saja ini bermanfaat besar bagi link building dan peningkatan traffic blog.

Saat ini MyBlogLog  memiliki sekitar 22 juta pageview per hari dan 275.000 member. Untuk Local Listings, hal ini tidak begitu masalah karena masyarakat Amerika masih bisa menggunakannya sebagai sarana direktori ataupun website mereka. Tapi bagi negara lain? Tentu saja akan kehilangan salah satu direktori terbesar dan terbukti membantu menyumbangkan traffic.

"Mengobrak-abrik" search engine Google ternyata tidak memberikan jawaban atas alasan penutupan ini. Banyak pihak dan blog-blog dunia yang masih mengusung pertanyaan besar atas alasan tersebut. Banyak pihak menduga ini karen alasan internal Yahoo! yang sengaja tidak dibeberkan ke khalayak umum. Ada pula yang menduga Yahoo! mengalihkan investasi ke hal lain.

Jika demikian, maka dapat dipastikan situs-situs direktori yang lain akan sedikit lega, karena salah satu pesaing besar mereka akan segera menghilang. GoogleBuzz tentu saja akan menjadi lebih terdongkrak, karena selama ini keberadaannya masih belum dapat dianggap terkenal oleh kalangan blogger khususnya pengguna platform Blogger. BlogCatalog pun akan tertawa riang karena pesaing terbesarnya, yang selama ini berhasil berada di atasnya, akan segera menghilang.

Terdapat pula isu bahwa Delicious juga akan mengikuti jejak MyBlogLog. Benarkah?
Lalu apa yang menyebabkan Yahoo! membuat keputusan ini? Sebuah kebodohankah?

Bagi anda pengguna dan member MyBloglog, segeralah lepaskan kode widget maupun meta MyBloglog yang terpasang di blog...

Ciri-ciri Orang yang Sedang Berbohong dan Cara Mengetahuinya

cara mengetahui orang berbohong
Pernahkah anda berhadapan dan berbicara dengan seseorang lalu merasa bahwa ada sesuatu yang disembunyikan atau tidak dikatakan dengan sebenarnya? Bila menyangkut hal yang penting, tentu saja kebohongan tersebut dapat menyebabkan masalah yang besar. Lalu, pernahkah anda mengamati diri sendiri ketika sedang berbohong? Apa yang anda lakukan dan dengan cara bagaimana anda mengatakan kebohongan? Seringkali kita tidak menyadari bahwa ada sikap dan gerak-gerik tertentu ketika seseorang sedang berbohong. Jika ini disadari, maka kemungkinan orang yang bohong akan sangat lihai dalam berbohong. Namun bagi yang kurang bisa berakting, menyembunyikan kebohongan secara sadar justru akan menyebabkan kekakuan dan menjadi signal yang gampang diketahui indikasi kebohongannya. Nah, bagi kita yang ingin mengetahui bahwa seseorang berbohong atau tidak, menyadari hal-hal tersebut dapat mempermudah kita untuk mendeteksinya

Cara dan ciri yang akan disampaikan berikut bukan tanpa dasar. Jika anda mengamati dan gemar menonton film, sinetron, drama, atau acara apapun yang dibalut dengan akting, pasti anda sepakat bahwa semua yang dilakukan para aktor/aktris adalah berbohong. Benar kan? Mereka tidak sedang menjadi diri mereka sendiri dan memerankan tokoh serta cerita yang dibuat. Ada yang meyakinkan, ada pula yang meragukan. Nah, berdasarkan sedikit dari apa yang saya pelajari dalam dunia teater serta psikologi, berikut cara mengetahui orang berbohong:

1. Ketahuilah cara dia biasanya berbicara
Sebagai seorang teman, anda pasti mengetahui cara biasanya sahabat atau orang yang anda kenal ketika berbicara. Ada hal-hal yang khas dari setiap orang ketika mengujarkan sesuatu, baik ketika sedih, senang, marah, dan lain sebagainya. Biasanya ciri ini juga diikuti dengan gesture khusus, seperti gerak bibir, tangan, badan, mata, alis dan lain sebagainya yang satu sama lain memiliki perbedaan. Cara-cara yang tidak sama dengan cara yang biasanya dilakukan ketika berbicara bisa menjadi petunjuk awal.

2. Perhatikan tekanan-tekanan dalam pola bicaranya
Seseorang yang berada dalam tekanan dan desakan psikologis juga mengalami tekanan fisik tertentu sebagai imbasnya. Misalnya detak jantung yang meningkat dan aliran darah yang cepat. Hal ini mempengaruhi aktivitas fisik lainnya, dalam hal ini adalah aktivitas berbicara. Orang yang berbohong cenderung memiliki nada bicara dan tekanan yang tidak wajar. Hal ini dikarenakan oleh tekanan serta pertimbangan pikiran yang tarik ulur dalam menyatakan kebohongan. Pada dasarnya, menyatakan kebohongan adalah hal yang secara alamiah akan memberikan tekanan sekaligus pada kondisi psikologi, fisik, serta mental. Oleh karena itu, tekanan yang muncul lebih besar,

3. Lihatlah beberapa pertanda dan gesture (gerak-gerik) khusus yang muncul.
Berikut ini adalah beberapa pertanda dan gesture yang seringkali dijumpai pada orang yang sedang berbohong;
  • Gerak tubuh yang minim atau sama sekali tidak bergerak atau justru bergerak secara berlebihan. Orang yang sedang berbohong cenderung 'membeku', tidak sering berhadapan dengan lawan bicara,dan berusaha meminimalisasi gerak tubuhnya. Ada pula yang justru bergrak secara berlebihan. Semua itu adalah usaha untuk menghindari munculnya tanda-tanda bahwa dia sedang berbohong. Namun, hal ni justru juga bisa menjadi petunjuk bahwa seseorang sedang berbohong.
  • Tidak ada kontak mata. Orang sedang berbohong seringkali menghindari kontak mata. Secara naluriah, dia akan menghidari tatapan mata lawan bicaranya. Kontak mata dalam berbicara merupakan pendukung dan juga menyimpan informasi tambahan ketika berbicara. Dengan melakukan kontak mata, seseorang yang sedang dibohongi akan menangkap signal informasi yang tidak sinkron dengan apa yang diucapkan. Itulah mengapa kemudian ada juga ilmu ilmiah membaca pikiran orang lain melalui kontak mata.
  • Gesture bagian tubuh lain yang menunjukkan rasa tertekan. Misalnya mengkukur2, memainkan kuku jari, mengedipkan mata secara berlebihan, menelan ludah berkali-kali, dan gerakan lain yang dilakukan berulang-ulang. Perasaan takut, gugup, tidak nyaman, serta bayangan tentang apa yang akan terjadi jika dia diketahui berbohong akan membuat orang mengalami tekanan yang tinggi dan melakukan hal-hal yang sebenarnya menunjukkan kegelisahan.
  • Melihat ke bagian kanan atas. Melihat ke arah ini diasosiasikan sebagai usaha untuk memperkerjakan dan mengolah otak kanan untuk memunculkan imajinasi, yaitu usaha untuk membuat jalinan cerita berdasarkan apa yang telah diceritakannya. Sebaliknya, melihat ke bagian kiri disosiasikan sebagai usaha memanggil memori untuk menyatakan kebenaran/jalinan cerita yang sesungguhnya.
  • Mata yang terbuka lebar dan memasang tampang innocent (tidak bersalah). Kebiasaan di masa kecil yang masih kita bawa sekarang adalah membuka mata selebar-lebarnya dan membuat tampang innocent, seolah-olah hendak berkata, "Siapa? ....Aku yang bersalah?!" Hal ini sering kita lakukan pada saat kecil dulu ketika mama memergoki ada sebungkus roti gede yang hilang dari kulkas. !(^^)
  • Bicara yang tersendat-sendat (paused). Tidak semua orang memiliki bakat yang besar dalam membuat cerita serta berbicara dengan lancar pada saat berbohong. Sehingga, seringkali ditemui pembicaraan yang dihentikan sejenak dan dalam tempo yang tidak wajar. Biasanya terjadi ketika suatu bagian cerita bohong hendak dilontarkan, yaitu ketika dia sedang berusaha mengarang suatu jalinan cerita. Di sinilah biasanya cerita yang disampaikan mulai tidak konsisten dan berubah-ubah.
  • Menyentuh hidung dan menutup wajah atau mulut. Ini juga merupakan bawaan sejak kecil, yang merupakan respon reflektif ketika seseorang ingin menutup-nutupi sesuatu.
  • Nada bicara yang tinggi. Orang yang berbohong cenderung menaikkan nada bicara. Baik karena sebagai usaha menegaskan informasi yang disampaikan, emosi yang meningkat, maupun tekanan yang tinggi. Hal ini akan sangat mudah diketahui apabila anda telah mengenal kebiasaan berbicara lawan bicara.
4. Mengurangi/menghilangkan informasi yang harus disampaikan.
Berbohong tidak hanya dengan mengucapkan hal yang tidak sebenarnya, namun juga dengan menghilangkan informasi yang seharusnya dikatakan pada lawan bicara. Indikasi ini sebenarnya justru lebih mudah diketahui karena biasanya jalinan informasi/atau cerita yang disampaikan menjadi tidak utuh dan menimbulkan banyak pertanyaan. Pertanda-pertanda tersebut di atas masih tetap akan muncul. Setelah menyampaikan informasi dengan gaya yang meyakinkan, dia akan melakukan gesture-gesture tertentu, misalnya menyentuh hidung atau menutup mulut/wajah.

5. Tanyailah orang yang anda duga berbohong.
Tentu saja cara ini juga akan mengundang resiko besar. Apabila, ternyata lawan bicara anda tidak berbohong, maka cara ini akan membawa dampak buruk. Oleh karena itu, pergunakan cara ini juka anda telah mendapatkan banyak pertanda di atas dan anda yakin benar bahwa lawan bicara anda telah berbohong. Akan tetapi, membiarkan dan tidak menanyai orang yang sedang berbohong pun juga akan berdampak sangat buruk, terutama bagi si pelaku. Oleh karena itu, cara ini juga merupakan solusi agar si pelaku kebohongan mengaku dan masalah kemudian dapat dicarikan solusi untuk diselesaikan.

6. Gunakan Intuisi.
Percaya atau tidak, manusia diciptakan memiliki intuisi. Selain itu, manusia diciptakan untuk mengatakan kebenaran. Oleh karena itu manusia pada dasarnya susah untuk melakukan kebohongan dan sulit untuk dibohongi. Intuisi sama sekali berbeda dengan nafsu, karena nafsu berkaitan dengan keinginan, sehingga bersifat subjektif. Sedangkan intuisi bersikap objektif dan tidak berdasarkan dengan keinginan. Jadi merasa dibohongi dan berprasangka dibohongi tidaklah sama. Sebelum meyakini diri anda dibohongi, tanyakanlah pada diri anda apakah ini karena prasangka ataukah karena intuisi anda. Meskipun anda pada akhirnya tidak tahu apakah anda dibohongi dengan adanya bukti, tapi setidaknya anda tahu bahwa seseorang sepertinya sedang berbohong pada anda sehingga anda tidak akan mempercayainya begitu saja.

So, siapkah anda berbohong?
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Tuesday, February 22, 2011

5 Tahap Perjalanan yang (Mungkin) Dialami Seorang Blogger

proses blogging
Blogging adalah hal yang menyenangkan, bukan? Apalagi jika dirasakan pada saat memulai, menjadi newbie. Wow, menakjubkan! Seperti halnya ketika kita mengikuti suatu organisasi atau ketika tumbuh dari bayi menjadi dewasa. Banyak tahapan yang dilalui. Suka duka, canda tawa, semangat dan putus asa. Pasti sangatlah berkesan. Di dunia blog pun demikian. Secara sadar maupun tidak, banyak proses yang telah dan akan dilalui, atau justru kandas sama sekali.

Apa saja tahapan itu? Mungkin ada sebagian yang dialami dan ada sebagian lain yang tidak dialami ataupun berbeda. Tetapi setidaknya, pasti ada poin-poin penting yang memiliki garis serupa. Tentu saja, tahapan tersebut tidak lepas dari pengalaman saya. Jadi mungkin ada banyak hal yang tidak sama persis. Yah, sekedar kilas balik dan mengenanglah, atau lebih tepatnya introspeksi dan mengingat apa yang dialami dan dipelajari. So, let's start the journey!

Tahap 1. Seorang yang Obsesif dan Bersemangat '45
Seorang bloggger newbie memiliki semangat yang membara. Ketika mulai tahu apa itu blog dan bagaimana dasar ngeblog, antusiasmenya terpantik dan suhu badannya naik (masuk angin kaleee), maksudnya bara api semangat untuk nge-blog sangatlah hebat. Dan pastinya, seorang blogger tahap ini bisa sangat menggila segila mungkin.
Contohnya nih, seorang newbie bisa saja membuat posting hingga 5 posting per hari! Ngebut abis! Bahkan ada juga yang bisa sampai 20 posting per hari. Hebat gak tuh? Sayangnya, yang 18 dari 20 itu co-pas! (Sobat begitu tidak?!) Selain itu, ngebutnya tidak cuma sampai di situ aja, seorang pada tahap ini memiliki rasa penasaran yang sangat tinggi, dia sangat ingin mencoba segala hal, termasuk widget dan plugin. Dia mencoba untuk menguasai blognya, sebelum blognya menguasai dia (cieeee...). So, the adventure of browsing and searching are beginning. Google jadi tongkrongan pertama. Cari widget ini itu, plugin ini itu. Nah yang jadi masalah bukan nyarinya, tapi pas ketemu, semua dipake. Walhasil, semua jenis widget ada, dari popular post, widget related post yang bisa muter-muter tuh, recent postwidget chatting, gadget gamenya Google, widget free sms, gadget foto selebriti, widget foto pribadi, sampe widget jam yang segede jam mesjid pun ada, Semuanya dipasang (bahkan sampe desak-desakan karena tidak muat). "Wah, sip! Blog gue dah keren!".Walhasil, page-loading blognya berat banget.
Pada tahap ini, seorang blogger adalah pengamat yang jeli, mengamati blognya tiada henti. Dari atas ke bawah, dari bawah ke atas lagi. Excited banget lah!

Tahap 2. Seorang Pengamat Statistik Blog yang sangat Antusias
Seorang blogger pada tahap ini memiliki kesadaran dan keinginan tinggi untuk melihat seberapa banyak visitor dan pageview. Setiap 5 menit, dia akan selalu melihat stat counter atau visitor counter baik melalui widget maupun melalui fitur yang telah disediakan oleh situs platformnya. Dikit-dikit refresh, dikit-dikit refresh, meskipun ternyata belum bikin satu posting pun! Pernah pada suatu saat saya melonjak kegirangan, "Hore! Akhirnya telah ada 100 pengunjung yang mengunjungi blog gw!" Belakangan, saya baru nyadar kalo ternyata saya harus mengatur setting 'Don't track your own pageviews' pada statistik Blogger agar stats tidak ikut menghitung kunjungan si pemilik blog. So pasti, ternyata 100 pengunjung ataupun pageview itu ternyata adalah....... saya sendiri!
Ketika ada satu pengunjung atau pageview terlacak, motivasi terdorong lagi. Tetapi ketika tidak ada sama sekali, rasanya sangat frustrasi dan seolah-olah pengen bunuh diri. Inilah tahap yang berpengaruh, dimana seharusnya fokus utama adalah bagaimana membangun blog, membuat konsep (sesederhana apapun), dan mengisi dengan konten berkualitas, dengan penuh perhatian, serta tanpa memikirkan traffic pengunjung terlebih dahulu.

Tahap 3. Seorang yang Demam Making Money Online
Setelah mengetahui sedikit banyak tentang blogging (dan sebagian besar terbawa pada konsep monetisasi), si blogger mulai haus darah, eh....... maksudnya haus informasi tentang bagaimana cara making money online. Google kembali menjadi teman setia yang memberikan sumber informasi tentang bagaimana mendapatkan uang secara online yang banyak sekali jenisnya, mulai dari PPC, PTC, PPM, PPR, AAA, BBB, BBM, UKM, KB, TKW, PRT, KDRT, atau apapun itu. Segala jenis iklan mengenai itu dia lahap habis.
Kemudian dia mulai mengenal Google Adsense dan sangat terobsesi untuk mendapatkan. Jika cara ini tidak berhasil, maka dia akan mencari alternatif yang sejenis dan berbau "Adsense". Kemudian dia mulai membuang beberapa widgetnya dan memasang segala bentuk banner, strip ads, dan text link ads di seluruh bagian halaman blognya, header, post body, seluruh bagian sidebar, bahkan footer.  Bahkan beberapa iklan sangat mengundang dan merayu dengan "blink-blink"nya yang menawan, aduhaiiiii......
Kemudian sang blogger mulai frustrasi, karena setelah dua-tiga bulan, yang didapat cuma 1 dollar saja. Dia kemudian mendapat akal untuk membuat iklan yang agak memaksa, seperti 'Bantulah saya untuk sekedar beli kado buat pacar' (Hehe, ga gitu banget kali ya). Ada juga yang pake trik pop up window, yang baru nutup kalo diklik iklannya. Tapi kebanyakan bukannya tambah pendapatan, malah pengunjungnya makin berkurang.

Tahap 4. Seorang Pembelajar Tiada Akhir
Ini adalah tahap dimana antusiasme "sedikit" berkurang. Fokusnya bukan lagi pada menulis di blognya sendiri, tapi pada apa yang ditulis oleh orang lain. Hal ini berdampak bagus. Namun terkadang pula, dia sampai lupa menengok atau bahkan menulis di blog sendiri.
Dia mulai mencari-cari artikel tentang menulis blog, ide-ide menulis artikel blog, dan melihat-lihat killer post (artikel pembunuh, oops, maksudnya artikel yang menghasilkan traffic dan ketertarikan sangat tinggi) milik para narablog terkenal. Misalnya tentang "bagaimana menghasilkan jutaan rupiah dalam 1 hari", "cara menulis artikel yang disukai banyak orang tua maupun muda", dan lain sebagainya. Hingga akhirnya dia teringat kembali akan blognya dan dia ingin menulis. Tapi.....uaaaaahhhmmm, ternyata sudah jam 3 pagi. Besok sajalah. Good nite!

Tahap 5. Seorang Blogger yang "Bebas"
Ini adalah tahap dimana si blogger telah menyentuh sisi kedewasaan. Disebut demikian bukan karena blognya telah memiliki 100.000 pageview per hari, tetapi karena sang blogger tersebut telah memiliki kesadaran tinggi mengenai apa sebenarnya blogging itu.
Dia tahu apa yang harus dilakukan untuk mengembangkan blognya, tahu dan memahami pentingnya konten yang berkualitas, tahu faktor apa saja untuk menjaga kualitas blognya, serta mengetahui hal-hal yang tidak perlu dilakukan, tidak berguna, dan memberikan dampak buruk (termasuk resiko jika dia co-pas artikel blog lain tanpa ijin).
Sang blogger kini memahami betul bahwa blogging bukanlah tentang membuatnya, melupakannya, dan menghasilkan uang baginya ketika dia tidur. Apa yang ada di benaknya adalah mengembangkan blog yang bernilai dan bermanfaat bagi orang lain, mengembangkan dan meningkatkan kepercayaan serta menjalin komunikasi dengan pembacanya, menjaga konsistensi dan motivasi diri agar tidak menurun, dan terus merasa nyaman dan betah dengan blognya tanpa mengkhawatirkan hal lain. Based on the experience, inilah yang justru dapat menghasilkan sesuatu yang tidak dapat diduga sebelumnya dan juga jumlahnya.

Bagaimana dengan sobat? Share your stories here. : p


mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Monday, February 21, 2011

Cara Mengubah/Memasang Gambar Background Header di Blogger/Blogspot

memasang header blog
Cara ini digunakan untuk mengubah/menambahkan gambar header secara keseluruhan sebagai background/latar. Jika hanya ingin mengganti/memasang gambar header pada judul dan deskripsi, cukup masuk ke Page Elements dan klik edit pada widget judul dan deskripsi pada bagian header. Upload gambar anda melalui fitur upload yang telah disediakan.
click to enlarge
Namun untuk mengganti seluruh bagian backround/latar wrapper header di blog anda, gunakan cara berikut:

1. Masuk ke Edit HTML.
2. Cari  (Ctrl+F) #header-wrapper atau yang sejenisnya (masing-masing template tidak sama tergantung basic template tersebut). Declarator ini selalu di bagian pengaturan header dan posisinya paling atas.
Contoh:
#header-wrapper{background-color:#00000;width:975px;margin:0 auto 0;height:125px;)
3. Tambahkan atribut ini sebelum background-color (atau anda dapat menghapus bagian background color jika header anda akan dipenuhi dengan gambar):
background image: url(http://alamat-url-gambar/gambar.jpg);
background-repeat: no-repeat; 
contoh jadinya:
#header-wrapper{ 
background image: url(http://alamat-url-gambar/gambar.jpg);
background-repeat: no-repeat;
background-color: #00000;
width:975px;margin:0 auto 0;height:125px;)

Atau aturan shorthand untuk background juga dapat digunakan:
background:url(http://alamat-url-gambar/gambar.jpg) no-repeat #000000;
contoh:
#header-wrapper{background:url(http://alamat-url-gambar/gambar.jpg) no-repeat #00000; width:975px;margin:0 auto 0;height:125px;)
Ganti http://alamat-url-gambar/gambar.jpg dengan direct url dimana anda mengupload gambar  header blog. Sebelum mengupload & memasang gambar header, edit atau pastikan ukuran gambar sama dengan width dan height header blog.
4. Save template.

Jika ada pertanyaan, permasalahan, atau apa saja, silakan gunakan form comment.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Saturday, February 19, 2011

Cara Membuat Related Post LinkWithin (Thumbnails) dan Trik Lengkapnya

related post widget
(Tutorial Lengkap Cara Membuat dan Trik Kostumisasi Widget LinkWithin Related Post with Thumbnails')

Sudah beberapa lama ini saya menggunakan widget LinkWithin dan hasilnya cukup lumayan sebagai salah satu upaya untuk membuat pengunjung bisa melihat-lihat lagi halaman yang lainnya, sehingga meningkatkan jumlah pageview & cukup lumayan untuk menyumbangkan sejumlah traffic. Bisa dibilang LinkWithin adalah tool navigasi eksternal yang cukup keren. Halaman-halaman lama yang jarang tersentuh pun bisa dioptimalkan lagi dengan penggunaan fitur ini. Selain itu, widget ini juga menggunakan thumbnail yang bisa meningkatkan daya tarik. Tampilannya pun lumayan. Linkwithin melakukan generating gambar dari page yang dimuat, atau jika tidak ada gambar dalam halaman tersebut, LinkWithin akan menampilkan gambar dasar berwarna abu-abu dan sedikit bertekstur. Sistem yang digunakan adalah randoming content, jadi semi random, namun tetap melakukan upaya persamaan konteks melalui judul, tag, atau label. Sehingga ketika page di load, dibutuhkan waktu untuk tool ini merayap dan menampilkan hasilnya. Tapi tidak cukup lama kok. Lagi pula tidak ada apa-apanya dibanding hasilnya. So, what are the ways to use it?

Cara Mendapatkan Widget
1. Go to LinkWithin.
2. Setelah masuk halamannya, lihat ke bagian kanan bawah dimana disitu terdapat kolom isian untuk mendapatkan widgetnya.
3. Masukkan valid email.
4. Isikan url blog/website.
5. Pilih Platform blog anda (ini digunakan untuk memasukkan secara otomatis melalui dashboard/admin page blog).
6. Pilih jumlah link/stories yang ingin anda tampilkan, sesuaikan dengan lebar post body di blog.(pilih melalui dropdown menu di kolom Width)
7. Centang "My blog has light text on a dark background" jika latar tampilan blog anda berwarna gelap.
8. Klik 'GetWidget!'.
9. Anda akan masuk ke halaman selanjutnya dan dibimbing untuk melakukan langkah-langkah sesuai dengan platform blog.
10. Setelah masuk ke halaman widget editor/page element di dashboard, tarik widget ke bawah post body jika ingin ditampilkan di bawah post body, save dan check hasilnya.
Contoh tampilannya seperti ini:
 Kostumisasi Widget
a. Kata-kata "you might also like:" mungkin kurang keren menurut anda, so anda bisa menggantinya dengan cara:
1. Masuk ke Edit HTML di dahboard anda
2. Cari tag <head> (Ctrl+F)
3. Kemudian masukkan script berikut di bawahnya:
<script>linkwithin_text='TEKS DISINI:'</script>
4. Ganti TEKS DISINI dengan teks yang anda inginkan dan save template.

b. Jika ingin menempatkan widget LinkWithin di posisi tertentu di bawah post body, karena mungkin disana ada banyak widget lain seperti Adsense, letakkan kode berikut di atas atau dibawah widget yang lain di bagian post body (cari widget-widget di bagian post body).
<div class="linkwithin_div"></div>
Lalu save.

c. Ketika berada di halaman utama (frontpage) atau halaman-halaman yang memuat query posts, widget ini akan muncul di bawah setiap post. Hal ini tentu saja tampak tidak elegan dan membutuhkan waktu loading yang lebih lama. So, jika anda ingin widget ini hanya muncul di bagian posting saja (menyembunyikannya dari halaman muka), lakukan langkah berikut:
1. Jika anda sudah terlajur memiliki widget LinkWithin yang terpasang, silakan di remove/delete terlebih dahulu.
2. Lakukan kembali langkah untuk mendapatkan widget LinkWithin diatas. Khusus pada menu Platform pilih 'Other'. Klik 'Get Widget!'
3. Anda akan menuju ke halaman selanjutnya, lalu copy script yang telah terbuat dan simpan script tersebut.
4. Kemudian masuk ke edit HTML template anda, dan ikuti langkah sederhana cara menampilkan widget hanya di post body.
5. Save dan lihat hasilnya.

Now you got great related post widget!
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Friday, February 18, 2011

7 Resources Blog Mancanegara yang Inspirasional dan Menarik

blog keren mancanegara
Sobat yang hobby blogging pasti juga suka ya browsing and surfing blog-blog yang lain. Tentu saja banyak blog mancanegara yang juga tidak luput menjadi 'sasaran' dari hobi tersebut. Begitu pula dengan saya, sangat menyenangkan dan betah rasanya bila menemukan blog-blog yang isinya menarik dan banyak memberi inspirasi dan ide. Ditambah lagi beberapa juga memiliki desain yang menarik dan bikin iri. Betul tidak? Nah, berikut ini blog-blog manca yang bisa jadi referensi dan mungkin beberapa diantaranya pernah sobat kunjungi:

Salah satu blog resources yang menurut saya sangat inspirasional. Blog besutan Darren Rowse asal Australia ini memiliki konten yang sangat lengkap dan semuanya disajikan dengan gaya yang mudah dipahami serta ringan. Darren Rowse sendiri adalah pakar bisnis online kawakan yang menghasilkan puluhan ribu dollar per bulan. Fokus utama dari blog ini tentu saja adalah making money online selain juga memuat beberapa tips basic blogging. Tips bisnis online-nya sudah banyak diterapkan oleh seluruh blogger di dunia. Mulai dari konsep-konsep dasar dari pemula sampai expert dipaparkan dengan baik dan aplikatif.

Yang satu ini bisa dibilang bener-bener full  news and resources deh. Karena hampir semua jenis artikel ada. Dari blog design, aplikasi, gadget, bisnis dan marketing, hingga informasi selebriti pun ada. Blog ini merupakan salah satu blog resources paling kondang dan sangat digemari seluruh blogger muda. Target atau fokus utamanya saat ini adalah topik social media seperti Facebook, Twitter, Google, dan lain-lain.

eHow terkenal sebagai gudang dan rajanya 'How To'. Semua topik dilibas habis! Dari tentang making money, otomotif, komputer, kesenian dan budaya, rumah dan arsitektur, lowongan kerja, perencanaan keuangan, hewan peliharaan, kebun dan bertanam, hingga perawatan anak pun ada! Semua lengkap pol. Itulah kenapa eHow disebut juga sebagai rajanya tips. Kontennya menarik dan sepertinya para penulisnya dites dulu melalui Ujian Bersama Masuk eHow, kali ya?

Yup, tentu saja blog ini milik Chris Bogan, sang ahli social media yang sudah malang melintang di dunia itu cukup lama. Banyak sekali tip-tips sederhana tapi cukup 'mengena' serta nampaknya memang dibuat dengan background pengalaman yang lebih dari cukup. Fokus pada blog wiritng, SEO, dan bisnis. Sangat inspirasional dan memberi pengetahuan serta motivasi untuk terus ngeblog.
Nah yang ini juga gitu, dari namanya saja kita tahu bahwa blog ini fokus pada tips-tips blogging. Blog garapan  Daniel Scocco ini benar-benar menjadi favorit saya karena penuh dengan tips blogging yang menyentuh esensi. Maksudnya adalah, tips yang disampaikan tidak hanya asal jepret, tetapi dengan prolog dan maksud yang jelas sehingga apa yang disampaikan bisa dipelajari dan dikembangkan. Artikel-artikelnya menyangkut topik-topik blog design, wiriting tips, basic blogging, social media of blogosphere, pokonya semuanya ter-cover, bahkan hingga SEO. I love this much, terutama dengan tips tentang desain blog dan writing articles.

Blog berplatform Wordpress ini memang benar-benar lain daripada yang lain. Why? Salah satu alasannya adalah desainnya yang sangat menarik. Penuh dengan sentuhan detail dan sepertinya dirancang oleh tangan yang sangat terampil. Sayangnya sih, saya tidak bisa belajar banyak dari segi desain karena basic Blogger/Blogspot tentu saja berbeda dengan Wordpress, terutama dalam konteks PHP. Akan tetapi, dari segi konten blog ini teramat sangat menarik. Fokus utamanya adalah SEO, Link Building, dan Making Money Online. Terdapat banyak tips praktis yang patut dicoba. Yang mencengangkan adalah orang yang berada di belakang layar blog ini. Alex namanya, seorang pemuda Amerika berusia, ehm,... 17 tahun dan merupakan siswa senior tingkat SMA. Blog design bidangnya, dan karenanya dia telah meraup banyak lembaran dollar dari jasa design blog berbasis Wordpress.

Blog ini juga berplatform Wordpress. Dimiliki Oleh Onibalusi (begitu katanya) yang juga masih berusia 17 tahun. Dia adalah pakar online business yang meraup sekurang-kurangnya 5000 dollar per bulan. Mayoritas artikelnya membahas tentang SEO, hosting tips, online business, dan beberapa tips yang berkaitan dengan WordPress. Yang menarik adalah tips-tips online business-nya yang patut dipertimbangkan. Sangat cocok bagi anda yang ingin belajar bisnis online secara lebih mendalam, khususnya trik dan tips affiliate program.

Kenapa cuma 7? Yah karena 7 ini yang masih sering saya baca-baca. Selain itu angka 7 katanya kan angka keberuntungan. ^_^ Sebenarnya masih banyak yang lain, tapi sekiranya ini dulu. But, if you wish me to write the others, I will surely do it for you all. Oh ya lupa bilang tadi, dua blog yang terakhir itu: DOFOLLOW abis.

(this post is also dedicated to the seven blogs above: thanks for the nice helpful contents)
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Thursday, February 17, 2011

Copycats: Kucing-Kucing Penjiplak Bermodal Tikus (Baca: Mouse)

copycatsPagi ini saya dapat telepon dari teman blogger bahwa ada beberapa konten lagi yang dicuri. Huft! Agak 'panas' juga mendengarnya. Seperti biasa, saya langsung menuju copyscape.com dan langsung mengetikkan url buka rahasia blogspot. Tak lama kemudian, nongol beberapa hasil yang mencengangkan! Sebut saja paling tidak ada dua konten baru yang dicuri, Apa dan Mengapa Harus Melakukan Ping Blog/Website dan Cara Ping Blog dan List Situs Layanan Ping Terbaik. Cukup menjengkelkan karena bukan kali ini saja saya menemui kasus seperti ini.

Memang, hal ini tidak bisa dihindari. Sekali kita selesai mempublish suatu artikel, maka seketika itu pula peluang plagiarisme muncul. Ada yang bilang itu adalah resiko. Tetapi bukankah resiko adalah sesuatu yang harus dihadapi dan diperangi? Saya pada awalnya tidak mau berburuk sangka dan mengatakan secara langsung bahwa perilaku semacam ini murni kesengajaan dan memang benar-benar diniati oleh si pelaku. Saya dulu menganggap bahwa itu disebabkan karena pelaku sangat 'menyukai' suatu konten dan ingin 'menghargai' penulisnya. Tapi prasangka itu sekarang sudah saya tepis, dan sekarang saya dengan lantang bilang: Itu adalah perbuatan tak bertanggungjawab, busuk, dan menunjukkan rendah dan buruknya mentalitas seseorang. 

Di artikel sebelum ini, tentang mengetahui pencuri artikel secara sederhana, saya telah menyampaikan cara-cara yang memang sederhana untuk mengetahui apakah konten kita dicuri dan bagaimana menyikapinya. Cara-cara tersebut memanglah sangat simpel karena merupakan langkah awal untuk menghadapi kasus pencurian konten. Ada banyak cara lain yang lebih ampuh, dan menurut saya lebih mengena, misalnya: FLOOD BLOG TERSEBUT DENGAN AUTO SPAMMER TOOL YANG BISA MENEMBUS CAPTCHA, INJECT TEMPLATE HTML-NYA DENGAN VIRUS HTML, SUSUPI TEMPLATE HTML-NYA DAN ACAK-ACAK TAG SERTA SCRIPT-NYA, BOMB THE BLOG!!!
Saya bisa saja melakukan hal itu dan mengajarkan cara-caranya bagi anda yang belum mengetahui,. Tapi pertanyaannya adalah: Apakah cara-cara tersebut bijaksana?? Tentu saja tidak. Justru hal ini akan menunjukkan emosi yang tidak terkontrol dan penyelesaian masalah yang jauh dari kata "tuntas". Dibutuhkan kebijaksanaan dan cara-cara yang menurut saya lebih 'santun' tapi 'tegas':

1. Cari informasi pemilik domain melalui 'about', 'contact', support', dan jika tidak ketemu gunakan tool 'whois' yang banyak sekali bertebaran, misalnya: Whois.cc
2. Setelah ketemu, hubungi dengan cara baik-baik. Buat disclaimer, misalnya: "Due to the copyright issue......dst"
3. Jika tidak ada sumber informasi yang memuat tentang pemilik domain (karena biasanya memang pemilik blog pencuri seperti ini 'malu' untuk mengekspos dirinya), sampaikan disclaimer melalui comment. Jika comment tersebut tidak melalui moderasi, maka anda mendapat nilai plus sekaligus nilai 'malu' bagi pemiliknya ketika comment tersebut dibaca oleh orang lain.
4. Jika diperlukan, anda dapat mencantumkan Internet Archive sebagai bukti waktu artikel itu dibuat.
5. Anda dapat pula mencantumkan copyright code dari konten setelah anda melalui proses pendaftaran di MyFreeCopyright sebagai bukti khusus.
6. Jika dirasa masih kurang, anda dapat melaporkannya ke Google dan meminta Google menghapus indeks blog yang mencuri konten anda. Jika blog tersebut mengikuti program Adsense, maka anda juga dapat meminta Google untuk mem-banned blog tersebut.
7. Tindakan preventif seperti menggunakan Copyscape dan MyFreeCopyright memang diperlukan, tapi hanya kecil saja efeknya.
8. Dulu saya masih menahan diri untuk melakukan salah satu tips di artikel mengenai pencurian konten terdahulu, tapi saat ini saya sudah mencantumkan list url yang telah mengambil konten asli blog ini.
9. Laporkan pencurian konten tersebut melalui Google DMCA Complaint, ini adalah layanan Google untuk pengaduan hak cipta dan penduplikasian konten terhadap konten-konten curian yang tetap terindeks. Pengaduan bisa menyangkut semua layanan Google, baik search index (Google Search), Blogger, hingga Adsense. Google dan Blogger melayani dengan baik pengaduan saya dan telah menghapus indeks konten curian dari search engine dan juga dari Blogger.

Membiarkan pencurian konten blog sama saja mendukung kejahatan. Tidak ada perbedaan di dunia nyata maupun dunia maya. Karena penghuninya adalah manusia juga. Usaha untuk memeranginya sama dengan upaya untuk memperbaiki mental diri dan negara tercinta ini yang kian lama kian terpuruk.

P.S: Bagi yang nama blognya tercantum di list copycats di sidebar sebelah kanan, anda dapat menghubungi saya dan meminta penghapusannya setelah ada bukti penghapusan konten atau pencantuman link aktif (dengan a href, anchor text, dan dofollow) di blog anda. Terima kasih.

Wednesday, February 16, 2011

PNGGauntlet: Kompres Gambar PNG Untuk Mempercepat Loading Blog

free png compression
Gambar format PNG akhir-akhir ini memang semakin digandrungi dan menjadi favorit karena keunggulan-keunggulannya. Salah satunya adalah transparansi gambar yang membuat gambar jenis ini  fit untuk diletakkan di atas background berwarna apapun. Akan tetapi, kelemahan dari file berjenis ini adalah file yang lebih besar daripada format yang lain sehingga ketika browser memuatnya dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding gambar berformat jpg. Dulu saya terpaksa harus menyerah dan mengecilkan resolusinya atau meng-convertnya ke format lain seperti jpg. Namun setelah tahu ada PNGGauntlet ini, kompres gambar terasa lebih mudah.  Page load time tetap ngacir dan kualitas gambar pun tetap prima. Dan tentunya, search engine lebih suka dengan halaman yang dapat diload dengan cepat, jauh deh dari penalti search engine. SEO friendly lah.

Software berbasis .NET ini menggunakan perintah PNGOUT buatan Ken Silverman untuk mengoptimalkan file PNG. Fungsinya adalah mengurangi jumlah byte yang tidak diperlukan tanpa menghilangkan informasi apapun yang termuat di dalam file yang dikompres. Sehingga, kualitas hasil file hasil kompresi sama dengan file aslinya. Sebelum upload gambar pNG, pastikan kompres terlebih dahulu. Anda cukup memasukkan file yang ingin dikompres atau menyeretnya (drag) ke window PNGGauntlet, lalu pilih tempat penyimpanan file hasil kompresi dan klik optimize. Software ini juga dapat digunakan untuk meng-convert file JPG, GIF, TGA, PCX, dan BMP ke format PNG. Dan terlebih lagi, software ini hanya berukuran sekitar 815.27 Kb!

Penting!: Sebelum menggunakan software ini, komputer anda sudah harus terinstal .NET Framework 3.5 atau 4.0 Client Framework. Dapatkan file installer-nya di smallestdotnet untuk ukuran yang tidak begitu besar.

PNGGauntlet Page | PNGGauntlet Direct Download

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

9 Situs Upload dan Hosting Gambar ICO (Favicon) Gratis Terbaik

favicon image hosting
Seperti kita ketahui Blogger/blogspot tidak mengijinkan penggunanya untuk mengupload dan menghosting gambar favicon berformat ico. Jadi bagi anda yang ingin memasang favicon harus agak ribet diperlukan hosting eksternal untuk memuat file ico tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui langkah-langkah memasang favicon silakan kunjungi "cara membuat/memasang favicon dan animated favicon" terlebih dahulu

Namun, sayangnya tidak semua situs hosting gambar juga mensupport format gambar .ico. Memang gampang-gampang susah sih mencarinya. But don't worry, akhirnya saya dapat mengumpulkan dan mendapatkan beberapa situs yang dapat mensupport ico maupun gif (untuk animated favicon). Semuanya telah dites dan memiliki kualitas yang baik alias servernya tidak lemot dan file cepat terdownload oleh browser.

Berikut listnya: 

1. Picturestack.Support: jpg, jpeg, tiff, png, gif, bmp, tiff, ico. Max: 4092 Kb.

2. HostAnyImage. Support: jpg, jpeg, gif, ico, bmp, png. Max: 10420 Kb.

3. HostAnyPic. Support: jpg, jpeg, bmp, gif, tiff, tif, png, ico, psd, swf. Max: 10420 Kb.

4. Qfqy. Support: jpg, jpeg, gif, png, ico. Max: 2048 Kb.

5. MyImageHost. Support: jpeg, jpg, gif, bmp, ico, png. Max: 25600 Kb.

6. ImageHosting.gr. Support: jpeg, jpg, bmp, png, gif, ico, tif, tiff, psd, swf. Max: 2355 Kb.

7. MyUpload.org. Support: jpg, jpeg, gif, png, ico. Max: 10240 Kb.

8. Image.Computersteroids. Support: jpeg, jpg, bmp, png, gif, ico, tif, tiff, psd, swf, psp, art. Max: 10240 Kb.

9.  FreeImageHosting.in. Support: jpeg, jpg, gif, png, ico. Max: 2048.

Give it a try then, mates.

Update:
Blogger kini telah memiliki fitur Blogger Custom Favicon yg dapat menambahkan Favicon secara otomatis dengan cara yg lebih mudah. Silahkan coba

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Cara Membuat/Memasang Favicon & Animated Favicon di Blog

favicon
Favicon adalah logo yang ditampilkan di sebelah kiri domain url maupun di tab browser. Pengguna blogspot tentu saja memiliki favicon default bawaan dari blogger. Hal ini tidak sama dengan wordpress dimana favicon secara otomatis dapat digenerasikandi ubahsuaikan. Favicon menjadi identitas dari suatu blog karena merupakan ciri khas dan bisa dibilang sebagai brand.
Gambar yang digunakan sebagai favicon berformat .ico seperti halnya format icon-icon yang biasa kita temui sebagai icon file ataupun folder di dalam PC. Format ini unik karena dimanapun dia ditampilkan, gambar aslinya akan langsung terlihat tanpa membuka filenya (dan ini bukan preview seperti yang kita lihat di format lain misalnya jpg, tif, dan lain-lain ketika ditampilkan di dalam folder). Untuk animated favicon  anda dapat menggunakan file gambar berformat gif.

Berikut langkah-langkah pembuatannya:
1. Siapkan gambar yang hendak anda jadikan favicon, atau anda dapat mencarinya di situs-situs yang menyediakan gambar icon gratis. Anda dapat pula mencari gambar favicon maupun animated favicon gratis. Gunakan keyword "free favicon/animated favicon image" di Google.
2. Untuk membuat file ico, anda dapat menggunakan photoshop atau gunakan jasa situs generator ico gratis seperti: www.favicon.cc, www.favicongenerator.com, atau www.favicon.co.uk. Untuk animated favicon anda (gif) anda dapat membuat animasinya di situs www.animatedfavicon.com. Upload file anda ke situs-situs tersebut, ikuti beberapa langkahnya, dan download file hasilnya.
3. Upload file favicon anda ke situs hosting gambar yang mensupport gambar ico karena Blogger tidak mensupport upload gambar berformat ico. Lihat list situs terbaik untuk hosting gambar ico dan gif  ini untuk mengupload favicon anda.
4. Copy terlebih dahulu direct link dari gambar yang telah diupload.
5. Kemudian masukkan url-nya ke script tag berikut ke bagian antara <head> dan </head> di template HTML anda. Saya sarankan untuk dimasukkan setelah meta tag agar cepat termuat oleh browser namun tidak mengganggu meta.
Untuk favicon file ico:
<link href='url gambar .ico anda' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>
Untuk animated favicon file gif:
<link href='url gambar gif anda' rel='icon' type='image/gif'/>
Untuk menggunakan kedua-duanya dan berjaga apabila file gif gagal dimuat oleh koneksi yang sangat lambat, gunakan kedua file ico dan gif anda. Masukkan kedua tag dengan urutan sebagai berikut:
<link href='url gambar .ico anda' rel='shortcut icon' type='image/vnd.microsoft.icon'/>
<link href='url gambar gif anda' rel='icon' type='image/gif'/>
6. Preview dan save.
7. Done!

Update:
Blogger kini telah memiliki fitur Blogger Custom Favicon yg dapat menambahkan Favicon secara otomatis dengan cara yg lebih mudah. Silahkan coba.

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Tuesday, February 15, 2011

Cara Ping Blog dan List Situs Layanan Ping Terbaik

ping service
Ping dilakukan sebagai notifikasi pada website-website direktori & search engine agar konten website atau blog cepat terindeks. Silahkan lihat "apa alasan melakukan ping blog/website" untuk lebih jelasnya.

Ada banyak situs yg menyediakan layanan ping. Secara konseptual, selain menotifikasi search engine, beberapa situs layanan ping juga melakukan ping ke situs layanan ping lain. Sistemnya hampir seperti viral, sekali ping pada satu layanan maka beberapa situs ping yang berafiliasi akan menerima ping tersebut dan meneruskannya.

Untuk melakukan ping, anda dapat membuka situs-situs layanan ping yang sangat banyak jumlahnya. Anda dapat mencarinya di search engine dengan kata kunci misalnya:  "ping service', "ping tool", "blog ping tool', dan lain-lain. Secara umum situs-situs tersebut akan meminta anda untuk melakukan langkah-langkah berikut:
1. Isikan url blog/website
2. Isikan nama (title) blog/website.
3. Isikan url feed blog/website, (biasanya optional, tapi jika ada opsinya, isikan agar lebih maksimal)
4. Isikan alamat email yang valid (sebagian meminta ini)
4. Isi kode keamanan/captcha (sebagian mensyaratkan)
5. Dan klik perintah ping.
6. Tunggu hingga proses selesai.

Beberapa situs layanan memperbolehkan anda memasukkan url posting, namun sebagian yang lainnya tidak mengijinkan. Hanya root url (front page url) saja yang diperbolehkan.

Gunakan layanan ping dari situs layanan ping terbaik  berikut

Selain layanan ping ke kurang lebih 100 website, situs juga menyediakan add-on browser Mozilla Firefox. Add-on ini mempermudah anda untuk melakukan ping suatu url tanpa harus menuju ke websitenya. Caranya adalah dengan mengklik pingler tool yang terpasang di bagian atas browser ketika browser sedang berada di suatu halaman tertentu. Dapatkan add-on tersebut secara langsung di Pingler.

Layanan ping ini juga melakukan ping url ke banyak website. Selain itu, terdapat pula widget yang dapat anda pasang di blog/website yang dapat anda gunakan untuk melakukan ping ketika anda sedang berada di halaman tertentu di blog anda. Klik widget tersebut untuk melakukan ping secara otomatis dan akan ada window baru terbuka yang menuju ke halaman ping.

Selain memiliki tool seperti website submission, pagerank checker, meta tag creator, dan lain-lain, situs ini juga menyediakan layanan ping ke 80 website. Satu situs dengan banyak paket. Recommended banget lah.

Layanan ping instan terutama untuk feed update.

 Selain layanan ping, situs ini juga menyediakan widget button autopinger untuk melakukan ping melalui halaman dimana anda berada saat melakukan ping. Terdapat pilihan ping untuk blog dan podcast blog.

Menyediakan layanan ping hingga ke 71 website.

Melakukan layanan ping ke kurang lebih 40 situs.

Melakukan layanan ping ke 51 website dengan tiga jenis spesifikasi (general, non english, dan special).

Memiliki spesifikasi yang sama seperti pingoat.com.

Lakukan ping dengan interval tertentu pada situs-situs di atas untuk memaksimalkan indeks blog/website. Anda dapat menggunakan semua layanan tersebut namun beri jarak agar tidak terjadi crash. Beberapa situs hanya mengijinkan 1 kali hingga beberapa kali ping dalam sehari. Saran: bookmark halaman ping masing-masing situs di browser anda setelah melakukan ping untuk memudahkan melakukan ping selanjutnya.

So, ping your blog now!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

Apa dan Mengapa Harus Melakukan Ping Blog/Website

blog ping
Bagi yang sudah malang-melintang di dunia web dan SEO, istilah ping sudah tidak asing lagi. Atau juga jika ada yang (dulu) sangat suka dengan mIRC chat pasti juga sangat mengenal istilah ping. So, apakah sebenarnya ping itu serta apa fungsi & pengaruhnya? Kembali lagi ke mIRC, anda mungkin sering menggunakan perintah !ping yg tujuannya untuk memberikan notifikasi pada server bahwa anda telah mempunyai baris kalimat baru yg telah dimasukkan namun belum termuat atau ter-update. Hal ini biasanya disebabkan adanya koneksi yg lambat atau karena terlalu banyaknya antrian (query) chat dari masing-masing peserta chat.

Demikian pula dengan query search engine. Karena membludaknya query link yg harus di-indeks oleh search engine, maka banyak link-link baru yg harus mengantri, bahkan hingga dalam waktu yg lumayan lama. Apalagi jika link-link tersebut berasal dari website/blog yg baru, so pasti antriannya lebih lama. Logikanya sama seperti waktu kita ngantri di loket stasiun pas mau pulang mudik. Suasananya hiruk pikuk banget, dan jika kita tidak sabar lagi, biasanya pake jasa calo. Wutz, tidak nyambung kali ya. Kadang-kadang bikin frustasi pula jika setiap posting konten/artikel baru, harus menunggu lama agar terindeks search engine. Belum lagi jika anda menyusulnya dengan posting yg lebih baru lagi, maka penumpukan query akan lebih banyak. Untungnya, ada fasilitas ping blog yg bisa digunakan untuk memberi tahu search engine dan situs-situs indeks lainnya bahwa ada konten baru dari sebuah blog. Dengan cara ini, kita memberi tahu pada search engine bahwa, "Hey, Bos! Neh gw ada artikel baru neh, tolong segera diindeks ya! Makasih." sekiranya begitulah gambaran penggunaan perintah ping.

Dalam hal traffic, tentu saja ping memberikan kontribusi besar karena semakin cepat konten terindeks semakin cepat pula para pengguna search engine mendapatkan konten baru. Biasanya pengguna search engine memprioritaskan konten yg masih fresh.

Lakukan ping setiap setelah publish konten baru maka pastinya konten tersebut akan segera terindeks. Ada banyak situs yang mempunyai layanan ini dan memiliki akurasi ping yang baik. Lihat cara dan list situs-stus layanan ping terbaik untuk melakukan dan mendapatkan list situs ping blog.

So, ping your blog!

mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com