Sunday, January 23, 2011

Beberapa Cara Membuat Simbol Copyright Blog/Website & PC

simbol copyright
Copyright atau Hak Cipta merupakan hal yang vital untuk menjaga dan menunjukkan sebuah karya ataupun pemikiran original seseorang. Hak Cipta adalah milik siapa saja dan tidak harus didaftarkan ke suatu badan atau organisasi tertentu, berbeda dengan merek dagang (TM) dan phonograph (P) ataupun paten, registered (R). Membubuhkan simbol ini sudah merupakan suatu indikator dan simbol semiotis bahwa suatu karya merupakan hak original seseorang dan tidak bisa seenaknya dico-pas tanpa ijin atau tanpa link sumber (linkbacking). Suatu penghargaan terhadap karya orang lain merupakan cermin bagaimana seseorang menghargai diri sendiri.

Simbol Copyright © bisa kita buat tanpa harus menggunakan font khusus atau gambar/icon karena word processor pada komputer maupun browser telah memiliki database tersendiri yang akan muncul jika kita ketikkan kode tertentu, dasar list simbol ini di dalam database umum adalah 0169. Ada beberapa cara dan kode berbeda untuk memunculkan simbol Copyright:

1. Di Keyboard PC (saat membuat dokumen, mis: Word, Excel, PDF, dll)

(Windows):
Tekan Ctrl dan Alt bersamaan, tahan, dan tekan C (Ctrl+Alt+C).
Bisa juga dengan menekan Alt, tahan, dan ketikkan angka 0169 (Alt+0169) (gunakan number pad, di bagian kanan keyboard, bukan yang diatas pad huruf).

(Mac):
Tekan Option dan 'g' secara bersamaan (Option+g)

2. Blog/Web and Programming Sheets

Kode untuk HTML:
Ketikkan © misalnya:
© 2011 Buka(n)RahasiaLagi!
Dan hasilnya akan menjadi seperti ini:
© 2011 Buka(n)RahasiaLagi!
Pastikan mengetikkan kode tersebut melalui editor HTML. Untuk menghindari kesalahan penerjemahan kode, lebih baik gunakan kode unicode-nya: © 

Kode Untuk XML dan Java:
Ketikkan © atau ©

Kode untuk XSL:
Selalu gunakan ©

Kode untuk Textinfo:
Ketikkan @copyright{}
Di dalam info, kode tersebut akan muncul sebagai (C) dan pada hasil print akan muncul sebagai ©.

Kode untuk LaTex:
Gunakan kode \copyright

Namun jika anda ingin menggunakan gambar/icon untuk simbol copyright, anda dapat mengunduhnya di Copyright Symbol Page. Ada banyak jenis gambar logo/icon copyright yang bisa anda gunakan secara gratis. Anda bisa melihat salah satu contohnya di atas.

Thanks and credits to:  Copyright Authority Website.


 myfreecopyright.com registered & protected
mencuri adalah pekerjaan pengecut! © buka-rahasia.blogspot.com

No comments:

Post a Comment