Tuesday, May 21, 2013

Membuat Drop Cap (Huruf Besar) Di Blog

Berbicara tentang Drop Cap mungkin kita tidak asing lagi , tetapi banyak orang yang mengetaui kata drop cap tetapi tidak mengetahuinya, hehehe seperti saya dulu juga tidak mengetahui apa itu drop cap , tetapi nanti akan saya jelaskan kok , hehe

Mungkin sudah banyak para blogger-blogger lainnya yang sudah membagikan cara membuat drop cap (Huruf Besar)  ini. Tapi tidak ada salahnya saya mempostingan artikel ini , untuk membuat para blogger lainnya yang belum tahu trik ini menjadi tahu. Tutorial ini sendiri saya dapat Pas lagi mengunjungi blog nya Maskolis pemilik blog www.maskolis.com. Drop Cap merupakan huruf besar yang ukurannya kira-kira 10 kali lipat dibandingkan ukuran huruf-huruf biasanya. anda bisa liah contoh awal kata postingan ini yang berhuruf paling besar , itulah yang bernama drop cap (huruf besar) atau sobat juga bisa melihat contoh gambar drop cap berikut ini :
Contoh Drop Cap 
Sobat tertarik untuk menerapkan trik cara membuat drop cap (Huruf Besar)  ini ? Pemasangannya mudah kok. Tapi agar lebih jelasnya sobat bisa ikuti cara-caranya dibawah ini :
  1. Login Ke Blogger Sobat
  2. Klik Template > Edit HTML
  3. Cari kode  ]]></b:skin>
  4. Dan masukan kode berikut ini diatas kode ]]></b:skin>
/* --Star Drop Cap Planetajaib.blogspot.com-- /*
.awal {
float:left;
color: #000000;
background:#ffffff;
line-height:80px;
padding-top:1px;
padding-right:5px;
font-family:times;
font-size:100px;
/* --Stop Drop Cap Planetajaib.blogspot.com-- /*
5. Klik Save / Simpan Template.

NB : Sobat untuk Cara ini , Setiap Sobat mempostingan artikel harus lewati HTML , Bukan Lewat EDIT HTML ya , tetapi di HTML postingan.

6. Ketikan kode ini saat sobat mau membuat artikel.
<span class="awal">huruf awal</span>
NB : Kata huruf awal, Sobat ganti dengan huruf pertama yang akan sobat posting.
         Misalnya : <span class="awal">P</span>

Demikianlah postingan saya tentang Cara Membuat Drop Cap (Huruf Besar) Di Blog. Jika ada tutur atau pengucapan saya yang tidak tepat atau benar , mohon dima'afkan karena saya baru belajar mengetik postingan sendiri. Terimakasih , selamat mencoba dan semoga berhasil. Wassalam.

No comments:

Post a Comment